KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG KEAHLIAN : PARIWISATA
MATA PELAJARAN : PENGANTAR PARIWISATA
KELAS : X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati karuniaTuhan Yang MahaEsa, melaluipemahaman selukbelukpariwisata dan mampu menjaga, melestarikan keutuhan jiwa raga manusia sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang
dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
2.1
Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami berbagai aspek terkait dengan pariwisata
2.2
Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,
ramahlingkungan, gotongroyong) dalam melakukan pengamatan kondisi
kepariwisataan sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3
Menunjukan perilaku cinta
damai dan toleransi dalam membangun kerjasama
sebagai wujud tanggungjawab dalam implementasi sikap kerja untuk
melestarikan pariwisata
|
3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
|
3.1
Mendeskripsikan pengertian, istilah dan sejarah pariwisata
3.2
Mendeskripsikan jenis dan ciri produk serta objek wisata
3.3
Mendeskripsikan skema
, unsur industri
pariwisata
3.4
Mendeskripsikan jenis dan ruang lingkup karir pada industri
pariwisata
3.5
Menjelaskan usaha-usaha jasa wisata
3.6
Menjelaskan usaha-usaha sarana usaha
3.7
Mendeskripsikan usaha-usaha daya tarik wisata
3.8
Mendeskripsikan dampak dan kondisi industri pariwisata
|
|
3.9
Mendeskripsikan modal dasar pengembangan industri
pariwisata
3.10
Mendeskrispkan organisasi kepariwisataan (internasional,
regional dan nasional)
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung
|
4.1
Membandingkan sejarah wisata di suatu wilayah
4.2
Mengevaluasi berbagai objek wisata
yang ada di Indonesia
4.3
Menentukan berbagai
kebutuhan untuk pengembangan industri
pariwisata pada suatu objek wisata
4.4
Mengklasifikasi jenis dan ruang lingkup karir pada industri pariwisata berdasarkan daerah pengembangan wisata
4.5
Membedakan karakteristik berbagai usaha jasa usaha wisata
4.6
Membedakan karakteristik berbagai usaha sarana wisata
4.7
Membedakan karakteristik berbagai usaha daya tarik wisata
4.8
Mengevaluasi dampak negatif
dan positif industri
pariwisata di suatu daerah
4.9
Mengevaluasi potensi suatu wilayah untuk pengembangan
industri pariwisata
4.10Membandingkan berbagai organisasi kepariwisataan
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG KEAHLIAN : PARIWISATA
MATA PELAJARAN : PENGANTAR PARIWISATA
KELAS : XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Menghayati karunia Tuhan Yang
MahaEsa, melalui pemahaman seluk beluk pariwisata dan mampu menjaga, melestarikan keutuhan jiwa raga manusia sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang
dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), responsif dan proaktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami berbagai aspek terkait dengan pariwisata
2.2
Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,
ramah lingkungan,
gotongroyong) dalam melakukan pengamatan kondisi
kepariwisataan sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3
Menunjukan perilaku cinta
damai dan toleransi dalam membangun kerjasama
sebagai wujud tanggungjawab dalam implementasi sikap kerja untuk
melestarikan pariwisata
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam
bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami pemangku kepentingan dan kebijakan terkait dengan
industri pariwisata
3.2
Mendeskripsikan hubungan ekonomi, kebudayaan dan
politik terkait dengan pariwisata
3.3
Menjelaskan berbagai daya
tarik daerah tujuan
pariwisata
3.4 Mengidentifikasi motivasi , tujuan perjalanan dan jenis wisata
3.5 Memahami jenis dan karakteristik wisatawan nusantara dan
domestik
3.6 Memahami pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan siklus
keluarga saat perjalanan wisata
|
|
3.7 Mendeskripsikan dokumen Perjalanan Wisata
3.8 Mendeskrispkan persiapan perjalanan wisata
3.9 Mendeskripsikan publisitas pariwisata
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1 Mengevaluasi berbagai kebijakan kepariwisataan
4.2 Mengevaluasi kebudayaan di suatu daerah pariwisata
4.3 Merencanakan
pengembangan daya tarik wisata
berdasarkan potensi daerah
4.4 Menggunakan
motivasi dan tujuan suatu perjalanan wisata untuk
pengembangan wisata
4.5 Menyusun
rencana promosi objek wisata berdasarkan jenis dan karakteristik wisatawan
4.6 Mengevaluasi berbagai pola pengeluaran wisatawan berdasarkan data wisatawan di suatu wilayah
4.8 Menyusun rencana persiapan perjalanan wisata
4.9 Merencanakan
publisitas pariwisata
|
No comments:
Post a Comment